Jumat, 29 Juni 2012

Talenan Merah Mudaku


Hai para pembaca yang budiman...
Kalian tau talenan kan? Ya, talenan atau telenan dalam bahasa jawa, yang biasa kalian jumpai di dapur yang berfungsi sebagai alas untuk memotong bahan makanan. Kalian yang hobi memasak pasti sudah sangat familiar dengan alat ini.
Kalau kalian berkunjung ke kostku, jangan harap kalian akan melihat talenan di dapur. Apakah aku tidak punya? Aku punya kok, warnanya pink, warna yang aku suka. Dulu dibeli pake uang Isal..entah dia masih ingat atau tidak. Waktu itu kita mau masak2 bareng teman2 kost. Kita belanja dulu bahan2 yang mau kita masak di supermarket. Nah, saat itulah mataku tertumbuk pada talenan warna pink di salah satu counter alat masak. Kebetulan aku belum punya talenan, aku ambillah talenan tersebut sambil merayu Isal,
"Isal, beliin ya..,"
"Ambil dah...," jawab Isal (kurang lebih dialognya begitu deh, hehe..)
Beberapa hari yang lalu, ada tetangga kostku yang akan membantuku memasak sayur pakis, ketika dia akan mengiris2 bawang, bertanyalah dia padaku,
"Punya talenan gak?"
"Iya, punya mbak.." jawabku.
"Mana??" tanya tetangga kostku kembali.
"Hehe...," dengan malu2 aku mengambilnya dari bawah bantal di atas kasurku.
"Hah??? Sejak kapan talenan tempatnya di kasur???? Kamu tidur sambil ngelonin talenan???" dengan terkaget2 tetangga kostku bertanya keheranan.
"Hehe...adda ajjah!" jawabku tersipu2...
Tidak cuma tetangga kostku aja yang heran, teman2 kerjaku yang sering main juga sering terkejut mendapati talenan yang tergeletak di atas kasur.
Noe dan Inul, teman kerjaku yang pernah menginap juga selalu mengeluhkan hal yang sama saat mau merebahkan diri di tempat tidur.
"Masih aja ni talenan ada disini!! Talenan tu tempatnya di dapur...cupi..cupi..!!!"
"Apa ini talenan cinta?? udah warnanya pink! emang kamu tidur sambil peluk2 talenan???"
Aku tersenyum tak berdosa aja menanggapi pertanyaan dan kemarahan mereka...heheheheh...tapi khusus mereka, aku kasih tau alasan sebenarnya kenapa tu talenan mesti nangkring di atas kasur.
Bukan...bukan karena itu talenan cinta...haha...hanya karena warnanya yang pink, teman2ku langsung mengasumsikan bahwa itu talenan cinta...
Apa aku gak memakai talenan itu untuk memasak? Ku pakai kok...tapi di sisi yang satunya. Jadi talenanku ini punya dua sisi dengan warna berbeda, satu sisi pink, dan yang satunya putih. Yang putih inilah yang biasa aku gunakan untuk memasak. Kalo ada yang berani menggunakan sisi yang pink buat iris2 bahan makanan, aku bisa sewot...heheheh...
Jadi kalo ada tamu yang main ke kostku yang belum tau asal muasal kenapa itu talenan nangkring dengan indahnya di kasur, aku langsung cepat2 mengembalikan talenan itu ke tempatnya yang wajar alias di dapur.
Tapi kalo yang main adalah teman2 yang udah ngerti, ku biarkan aja tetap disitu... :-)
Jadi boleh dibilang, aku tak bisa tidur tanpa talenan pink kesayanganku ini... Bisa sih bisa...tapi serasa ada yang kurang gitu.. Tapi bukan tanpa alasan loh aku bawa2 talenan ini saat aku tidur, dan alasannya sangat masuk akal. Kalo kalian mau tau, tanya langsung aja padaku..ok..
Itu cerita tentang talenanku, bagaimana dengan kalian?? :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar